Review Soft Launching Modoo Marble Indonesia

Kemarin saya sudah mencoba game terbaru dari penerbit CJ Internet Indonesia yang berjudul Modoo Marble Indonesia pada tahap soft launching. Sebelum mulai main, saya harus download installer-nya dulu iya. Nah, dari situ saja saya sudah kagung dengan game ini. Alasannya sepele, karena installer-nya hanya berukuran 70 MB. Mungkin ini satu-satunya game online yang memiliki ukuran client yang sangat kecil.

Setelah download selesai kira-kira 10 menit, saya langsung install client sekaligun mendaftar kan ID. Tetapi karena saya sudah daftar ID untuk Elsword Indonesia beberapa bulan yang lalu, jadi saya batalkan niat untuk daftar baru karena ID yang didaftarkan pada situs Netmarble itu adalah ID global, jadi bisa digunakan untuk semua game yang dirilis oleh CJ Internet Indonesia.

Selanjutnya adalah login ke dalam game. Jendela login-nya lucu banget karena bergambar Dennis, bocah jenius dengan IQ 200.

Review Soft Launching Modoo Marble Indonesia
Jendela login

Setelah login, tentu saja saya harus membuat karakter baru. Saya pilih Hernandez, lalu membuat menjadikan MasterFakry sebagai nickname. Hernandez adalah pemain baseball liga utama dengan catatan 92 home run dalam satu musim tunggal. Setelah pensiun, dia mulai berivestasi di real estate seluruh dunia.

Review Soft Launching Modoo Marble Indonesia
Membuat karakter baru

Selesai membuat karakter baru, selanjutnya adalah mengikuti tahap tutorial untuk menjadi kaya pada game ini. Saran saya, jangan skip tahap ini, ikuti semuanya agar anda mengerti cara memainkan Modoo Marble Indonesia.

Review Soft Launching Modoo Marble Indonesia
Tahap tutorial

Tutorial sudah selesai, Katrina telah menjalankan tugasnya dengan baik. Sedikit informasi saja, Katrinya adalah seorang pramugari, dia keliling dunia setiap hari, mengunjungi kota-kota besar dan selalu mengikuti tren di pasar real estate.

Sekarang saatnya untuk mulai bermain, langkah pertama adalah membuat room atau bergabung dengan gamers lain yang sudah membuat roomnya. Anda bisa masuk ke dalam room yang sedang melakukan permainan, namun, anda hanya menjadi spectator (penonton).

Review Soft Launching Modoo Marble Indonesia
Pilih room atau buat sendiri

Setelah permainan selesai, barulah anda bisa ikut bergabung dalam permainan itu. Maksimal gamers yang bisa ikut serta dalam permainan berjumlah 4 orang. PErasaan deg-degan bercampur dengan penasaran saya rasakan ketika permainan ingin dimulai. 

Rasanya nostalgia banget gitu ketika bermain Modoo Marble Indonesia, secara dulu saya sering bermain boardgame monopoly (saya rasa, Modoo Marble Indonesia terinspirasi dari game itu) dengan selembar kertas karton yang dibeli dari abang-abang ager bersama dengan teman-teman. 

Namun sekarang, saya bersama teman-teman bisa memainkan game serupa namun dengan nama dan teknologi yang berbeda. Modoo Marble Indonesia adalah game online, jadi tidak perlu repot untuk berkumpul di tempat tertentu. Cukup online di komputer masing-masing, gamers sudah bisa memainkan game ini dengan seluruh gamers di Indonesia.

Review Soft Launching Modoo Marble Indonesia
Mulai main

Selama bermain, untung rugi selalu saya rasakan. Sempat juga berada di posisi 2nd, namun sial, saya berhenti pada salah satu kota yang memiliki sewa yang sangat tinggi karena pemiliknya sudah membangun berbagai macam infrasktruktur (rumah, hotel, landmark) sehingga pada saat itu pula saya kehilangan banyak Marble (uang di game ini) dan turun ke posisi 4th.

Beberapa kali saya hampir bangkrut sehingga muncul beberapa pilihan yaitu Auto (menjual aset yang ada), Pinjaman Bank (hanya 1x) dan Pernyataan Bangkrut (permainan berakhir). Dikarenakan belum putus asa sehingga saya memilih untuk Pinjaman Bank, namun sial, saya kehilangan banyak Marble sehingga terpaksa menjual aset dengan memilih Auto.

Ada salah satu gamers pada permainan itu yang tadinya berada di atas saya tiba-tiba menyatakan bangkrut karena kehilangan banyak Marble dan aset. Dalam hati saya, untung bukan saya yang 'dibantai'.

Review Soft Launching Modoo Marble Indonesia
Pilihan ketika Marble tidak mencukupi

Permainan berakhir dengan 3 syarat yaitu Pernyataan Bangkrut, Batas Waktu habis atau Turn sudah habis. Pada kesempatan kali ini, permainan berakhir karena Batas Waktu sudah habis. Jadi, dihitunglah gamers dengan jumlah Marble dan aset yang paling tinggi yang bisa dilihat dari peringkat gamers selama permainan (1st, 2nd, 3rd atau 4th).

Review Soft Launching Modoo Marble Indonesia
Batas Waktu hampir habis

Hingga permainan berakhir saya mendudukin peringkat 3rd, lumayanlah daripada peringkat terakhir atau bangkrut.

Satu yang sangat saya kagumi ketika bermain Modoo Marble Indonesia adalah dubbing(penyuaraan) dalam permainan saat melempar dadu, mengambil kesempatan dan beberapa bagian yang saya lupa. Suaranya itu lucu banget, sepertinya sih orang yang menyuarakannya sama dengan orang yang menyuarakan karakter Aisha dalam gameElsword Indonesia. Pokoknya puas banget dengan dubbing-nya, top deh untuk CJ Internet Indonesia.

Kira-kira siapa iya dubber-nya? penasaran nih.

Untuk game dengan ukuran kecil, Modoo Marble Indonesia sangat bisa memberikan kebahagiaan yang sangat besar.

Tidak percaya? Coba saja sendiri.

Informasi Sumber Berita

0 komentar:

Posting Komentar