Review Persona 4 The Golden

Review

Persona 4 The Golden (P4G) adalah game bergenre role playing game (RPG) yang dikembangkan dan dipublikasiakan oleh Atlus mulai tanggal 14 Juni 2012 lalu, ekslusif untuk konsol PlayStation Vita. Game ini berlatar belakang pada kehidupan para siswa setelah pulang sekolah. Mereka akan melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak biasa dilakukan oleh siswa normal yaitu melawan Shadow (monster di game ini).


Video trailer

Game ini akan membawa gamers dalam misi memecahkan kasus pembunuhan ketika gamers datang ke kota kecil yang dinamakan Inaba. Untuk memecahkan kasus itu, gamers akan melibatkan beberapa teman satu sekolah, tanpa melibatkan anggota kepolisian. Namun, pihak kepolisian tetap akan ikut campur dalam masalah itu. Selain kasus pembunuhan, gamers juga akan menjalankan beberapa misi berbeda namun masih seputar kriminal dan misteri. Walaupun game ini memiliki latar belakang misi yang cukup berat, namun P4G juga emiliki cerita komedi, cinta, drama, aksi dan lain-lain. Itulah yang membuat game ini berbeda dan sangat mendalam.


Sampul kemasan game

Karakter-karakter pada seri Persona terdahulu adalah Yu Nanukami (karakter yang dimainkan), Naoto Shirogane, Rise Kujikawa, Yukiko Amagi, Kanji Tatsumi, Chie Satonaka dan Yosuke Hanamura. Namun, pada P4G ini ada karakter baru sebagai side story yaitu Marie, seorang gadis yang lupa ingatan.

Persona series memiliki tampilan seperti anime, sehingga P4G pun memiliki nilai tambah tersendiri dimata gamers pecinta anime. Lalu, penampilan karakter dan lingkungan pada P4G ini lebih bagus dibandingkan seri terdahulunya. Selain itu, pemandangan di dalam dungeon dan saat bertempur pun terlihat keren.




Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan P4G. Menurut beberapa sumber, minimal gamers membutuhkan waktu 60 jam untuk menyelesaikan game ini secara keseluruhan. Waktu dalam game ini seperti sebuah kalender yang dimulai pada bulan April dan selesai pada bulan Mei. Jadi gamers harus menjalani permainan sehari demi sehari dan per harinya itu memiliki waktu tersendiri. Kadang per hari bisa diselesaikan dalam waktu tiga menit, namun, terkadang juga menghabiskan waktu satu jam. Tergantung cara gamers memainkan game ini.

Game ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu dungeon dan membangun karakter. Gamers bisa berpetualang kedungeon saat pulang sekolah dan membangun karakter di malam harinya. Pada mode dungeon, gamers bisa meningkatkan kemampuan dan level karakter. Setiap kali karakter naik level, status yang akan meningkat adalah HP dan SPnya saja sedangkan yang lain seperti attackagility dan sisanya tidak meningkat. Karena status attackagility dan lain-lain akan tergatung dari Persona yang digunakan. Dalam dungeon akan dibagi menjadi beberapa tingkat dan tingkat terakhir berisi boss yang harus dikalahkan. Selain itu, pada setiap tingkat dungeon juga terdapat kotak harta yang isinya bisa diambil.


Memasuki dungeon




Shadow berada di dalam dungeon. Gamers bisa bertarung melawan Shadow dengan cara memukulnya menggunakan senjata atau Persona yang dimiliki. Karakter utama bisa memiliki beberapa Persona dengan elemen yang berfariasi. Shadow juga memiliki elemen tersendiri sehingga gamers bisa memilih elemen yang tepat untuk mengalahkan Shadow tersebut, karena setiap elemen itu memiliki kelemahan masing-masing. Dengan mengetahui kelemahan elemen musuh, gamers bisa menggunkan elemen yang tepat sehingga musuh bisa dikalahkan dengan lebih mudah. Namun, Shadow juga bisa menyerang gamers menggunakan elemen yang cocok untuk mengalahkan elemen karakter. Jadi berhati-hatilah.

Selanjutnya adalah membangun karakter. Pada bagian ini, gamers bisa membangun hubungan dengan karakter lain di dalam game. Semakin dekat hubungan antar karakter maka level Social Link juga menjadi semakin tinggi (maksimal level 10). Selain itu, gamers juga bisa menjadikan salah satu karakter wanita di dalam game ini sebagai kekasih, asik donk.




Karakter baru, Marie

Game ini memiliki sistem battle yang menyenangkan, selain itu cerita yang terdapat pada P4G juga sangat menarik. Lalu, dari sisi penampilan, game ini termasuk lucu dan cantik. Di balik segala kecemerlangan P4G, kru KotGa menilai ada beberapa poin yang mungkin enjadi kekurangan pada game ini yaitu waktu untuk menyelesaikan game ini terbilang cukup lama dan beberapa sistem game yang sulit untuk dipahami seperti halnya cara kerja Social Link. Namun, kekurangan ini bisa diatasi dengan cara bermain game lebih sabar sehingga informasi yang diberikan bisa lebih diserap oleh akal pikiran kita. Skor yang bisa kru KotGa berika untuk P4G adalah sangat memuaskan.


Itulah review mengenai game eklusif PlayStation Vita, Persona 4 The Golden. Rasakan serunya saat bertarung melawan Shadow sekaligus latihan bersosialisasi di dunia game. Apa pendapat Kotakers mengenai game ini? Yuk main kita main P4G.


Informasi selengkapnya, silahkan lihat di Sumber Berita

0 komentar:

Posting Komentar